Cara Memainkan Suara (Audio) Menggunakan Python

Python dapat memainkan suara (audio) dengan berbagai format seperti wav dan mp3. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa cara memainkan suara di Python.

Memainkan Suara .wav Menggunakan Modul winsound

winsound adalah modul bawaan Python yang dapat digunakan untuk memainkan suara dengan format .wav di Windows. Berikut ini kita menggunakan winsound untuk memainkan suara windows error yang sering kita dengar di Windows. Semua suara windows seperti suara saat windows start sampai windows shutdown ada di direktori C:\Windows\Media.

>>> import winsound
>>> winsound.PlaySound('C:\\Windows\\Media\\Windows Error.wav', winsound.SND_FILENAME)

Metode PlaySound membutuhkan dua argumen, yaitu path ke file suara dan argumen FLAG. Di sini kita menggunakan argumen winsound.SND_FILENAME.


Memainkan File mp3 dan File Suara Lainnya

Untuk memainkan file mp3 maupun file suara lainnya, kita bisa menggunakan modul os atau dengan menggunakan modul playsound yang bisa kita download menggunakan pip.

1. Memainkan File Dengan modul os

Dengan modul os kita bisa memainkan file suara mp3 maupun yang lainnya. Akan tetapi, file suara akan dibuka sendiri menggunakan program windows. Dalam hal ini defaultnya adalah Windows Media Player. Misalnya dalam contoh berikut kita memiliki file musikku.mp3 di direktori D:\.

>>> import os
>>> os.startfile('D:\\musikku.mp3')

Pada contoh tersebut, musikku.mp3 akan terbuka dengan sendirinya di Windows Media Player.

2. Memainkan File mp3 dengan Modul playsound

Modul playsound dapat kita install dengan menggunakan pip. Setelah terinstall, kita bisa memainkan file mp3. Suara akan dimainkan di latar belakang tanpa menggunakan aplikasi Windows Media Player.

>>> import playsound
>>> playsound.playsound('D:\\musikku.mp3')

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan