Cara Menjalankan Program Python Di Latar Belakang

Kadang kala kita menginginkan program Python yang kita jalankan, tidak muncul di layar. Kita ingin program kita berjalan di latar belakang sistem operasi. Hal ini umum berlaku untuk program otomatisasi atau kita ingin menyembunyikan jendela program agar tidak dilihat oleh orang lain.

Ada trik yang bisa digunakan untuk membuat python berjalan di belakang layar. Dalam hal ini kita menggunakan windows.

Caranya adalah dengan memanfaatkan program pythonw.exe yang menjadi bawaan python. Umumnya program akan dieksekusi menggunakan python.exe. Bila misalnya file python yang berekstensi .py kita klik dua kali, maka otomatis yang berjalan adalah aplikasi python.exe. Atau kita bisa menjalankan python di command prompt menggunakan sintaks python.exe <spasi> namafile.py

python.exe dan pythonw.exe di windows sama – sama terletak di folder instalasi Python yaitu di C:\Python34 (bila menggunakan versi 3.4). Beda python.exe dengan pythonw.exe adalah python.exe berjalan menggunakan antarmuka atau dengan kata lain muncul di layar. Kebalikannya pythonw.exe akan bekerja di belakang layar dan tidak akan memiliki tampilan. Prosesnya hanya bisa dilihat sedang berjalan atau tidak dari task manager windows.

Untuk membuat file python kita dieksekusi menggunakan pythonw.exe, kita bisa membuat sebuah file  berekstensi .bat di windows.

Mari kita buat contoh. Ketikkan baris program berikut di editor python, dan simpan dengan nama test.py di folder C:\Python34.

import webbrowser
import time

url = r'http://www.pythonindo.com'

time.sleep(10)
webbrowser.open(url)
time.sleep(15)

 

Kita sengaja membuat delay waktu menggunakan time.sleep() untuk melihat ada atau tidaknya proses pythonw.exe yang berjalan di belakang layar.

Selanjutnya buka aplikasi notepad dan ketikkan pythonw.exe test.py dan kemudian simpan dengan nama test.bat di tempat yang sama dengan file test.py tadi.

Setelah selesai kita sudah bisa mengklik file test.bat, dan halaman cmd pun terbuka.

Close saja jendela cmd tersebut. pythonw.exe akan tetap berjalan walaupun command promptnya di tutup.

Setelah beberapa saat, kita lihat bahwa jendela browser akan terbuka otomatis mengarah ke situs http://pythonindo.com sesuai dengan program yang kita buat.

Setelah program selesai, maka proses pythonw.exe pun akan berhenti.

Kelemahan dari penggunaan pythonw.exe ini adalah bila ada kesalahan program, maka kita tidak bisa melihat apa errornya. Dan kita tidak tahu apa program berjalan dengan baik atau tidak.

Tapi sebelum menguji program untuk berjalan di belakang layar, sebaiknya kita pastikan terlebih dahulu bagaimana jalannya program di tampilan depan layar. Setelah pasti tidak ada kesalahan lagi, baru kita bisa menjalankannya di latar belakang.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan