Membuka dan Menutup Notepad Menggunakan Python

Kita bisa membuka dan menutup aplikasi notepad secara otomatis menggunakan Python. Kita akan menggunakan modul pywinauto. Bila modul pywinauto belum terpasang, Anda bisa memasangnya menggunakan pip.

Di sini kita tidak membahas detail penggunaan pywinauto. Untuk tutorialnya, bisa Anda baca di halaman pywinauto

Mari kita mulai. Silahkan copy pastekan kode berikut di editor IDLE atau editor Python lainnya. Simpan dengan nama autonotepad.py.

from pywinauto.application import Application
from pywinauto import keyboard
import time

app = Application().start(r'C:\Windows\System32\notepad.exe')
keyboard.SendKeys('Hello{VK_SPACE}World')
app["Untitled - Notepad"].menu_select('File->Exit')
time.sleep(2)
app["Notepad"].Button2.click()

Bila program dijalankan, maka akan terlihat notepad terbuka sendiri secara otomatis. Pada baris 1 s/d 3 kita mengimport modul yang diperlukan. Pada baris ke 4, kita membuat objek otomatisasi notepad. Perintah baris ke 5 membuat keyboard mengetik otomatis kata ‘Hello World’ pada jendela notepad yang terbuka. {VK_SPACE} adalah kode kunci untuk tombol Enter. Selengkapnya, kode kunci keyboard di pywinauto bisa dilihat di halaman pywinauto.

Baris ke 7 adalah perintah untuk memilih spec windows yang muncul. Di sini kita memilih spec windows dari title jendelanya. Dalam hal ini jendela notepadnya memiliki title “Untitled – Notepad”. Selain dengan menggunakan mode dictionary, Pywinauto dapat membaca title dari jendela program dengan menggunakan regex. Baris ke 7 bisa juga kita tuliskan app.UntitledNotepad.menu_select('File-Exit').

Kita sengaja menambahkan time.sleep(2) pada baris ke 8 untuk membuat jeda program agar kotak dialog tidak langsung tertutup dan kita tidak melihat apa yang terjadi. Baris 9 adalah untuk menutup kotak dialog yang terbuka. Kita bisa melihat identitas dari semua tombol yang ada pada jendela.  Dalam hal ini, Button2 bisa diketahui dari perintah app["Notepad"].print_control_identifiers(). Identifier dari sebuah jendela bisa diperoleh dengan format window_spec.print_control_identifiers()

Contoh di atas hanyalah untuk menunjukkan gambaran sekilas penggunaan otomatisasi di python. Tentu saja, dengan praktek, kita bisa membuat banyak hal lagi yang kita inginkan.

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan