Cara Mudah Membalikkan String di Python

Python memiliki sintaks kode yang sederhana bila dibandingkan dengan banyak bahasa pemrograman lain. Python membutuhkan lebih sedikit kode dibanding bahasa pemrograman lain. Hal ini memberikan kemudahan kepada programmer.

Di artikel lain, kita sudah bahas tentang cara mudah mempertukarkan isi variabel di Python. Di sini kita akan membahas tips mudah membalikkan string. Misalnya "Hello World" diubah menjadi "dlroW olleH".

Ada beberapa cara membalikkan urutan string di Python. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan looping

def reverse(s): str = "" for i in s: str = i + str return str s = "Hello World" print ("String awal : ",end="") print (s) print ("String yang sudah dibalik : ",end="") print (reverse(s))

Output

String awal: Hello World
String yang sudah dibalik: dlroW olleH

Pada kode di atas, kita membuat sebuah fungsi reverse() yang melakukan iterasi pada setiap elemen string dan menggabungkan tiap karakter sampai diperoleh string yang sudah dibalik.

 

2. Menggunakan Rekursi

  def reverse(s): if len(s) == 0: return s else: return reverse(s[1:]) + s[0] s = "Hello World" print ("String awal : ",end="") print (s) print ("String yang sudah dibalik: ",end="") print (reverse(s))

Output

String awal: Hello World
String yang sudah dibalik: dlroW olleH

Pada kode di atas, string dilewatkan sebagai argumen fungsi rekursif untuk membalikkan string. Pada fungsi tersebut, bila panjang string 0, maka string dikembalikan. Bila bukan 0, fungsi rekursif di ulang dipanggil untuk memotong string satu persatu karakter kecuali karakter pertama, dan kemudian menggabungkan karakter pertama dengan sisa dari string yang dipotong.

 

3. Menggunakan Fungsi reversed()

  def reverse(string): string = "".join(reversed(string)) return string s = "Hello World" print ("String awal : ",end="") print (s) print ("String setelah dibalik: ",end="") print (reverse(s))

Output

String awal: Hello World
String setelah dibalik: dlroW olleH

Fungsi reversed() adalah fungsi built-in di Python yang berfungsi untuk mengembalikan iterator yang berisi string terbalik. Satu persatu karakter dari string yang sudah dibalik kemudian digabungkan menggunakan metode join() string.

 

4. Menggunakan Slicing

def reverse(string): return string[::-1] s = "Hello World" print ("String awal : ",end="") print (s) print ("String setelah dibalik: ",end="") print (reverse(s))

Output

String awal: Hello World
String setelah dibalik: dlroW olleH

Slicing memiliki format indeks [start, stop, step]. Bila start dan stop dikosongkan, artinya stringnya dari ujung ke ujung. Step -1 menandakan bahwa awalnya adalah dari akhir string sampai awal string, sehingga terbentuklah string yang sudah dibalik.

 

Dari beberapa cara di atas, cara terakhir adalah yang paling mudah. Kita bisa membalikkan string yang pendek maupun panjang.
Bila kita tidak ingin membuat fungsi, maka hanya dengan satu baris perintah kita sudah bisa membuat string yang terbalik dengan mudah.
Contohnya adalah berikut:

  s = "Saya akan belajar Python dengan serius. Karena Python sangat menyenangkan. Saya belajar Python di pythonindo.com" print(s[::-1])