Input dan Output

Python menyediakan banyak fungsi built-in yang bisa kita pergunakan. Salah satunya adalah yang berkenaan dengan fungsi i/o atau input output.

Fungsi bawaan untuk melakukan operasi output adalah print(), dan fungsi untuk melakukan operasi input adalah fungsi input(). Kita akan membahas fungsi print() terlebih dahulu.


Operasi Output Menggunakan Fungsi print()

Seperti yang sudah sering kita praktekkan, kita menggunakan fungsi print() untuk menampilkan data ke perangkat keluaran standar (layar).

  # output: Kalimat ini dicetak ke layar print("Kalimat ini dicetak ke layar") a = 15 # output: Nilai a = 15 print("Nilai a =", a)  

Selain mencetak ke layar, kita juga bisa menggunakan fungsi print() untuk mencetak data ke file.

Sintaks lengkap dari fungsi print() adalah seperti berikut:

print(*objects, sep=' ', end='\n', file=sys.stdout, flush=False)

Pada sintaks tersebut, objects adalah nilai yang hendak dicetak. Fungsi print() akan mengubah semua objek menjadi string terlebih dahulu sebelum dicetak.

sep adalah pemisah(separator) yang berfungsi sebagai tanda pemisah antar objek yang dicetak. Defaultnya adalah tanda spasi.

end adalah karakter yang dicetak di akhir baris. Defaultnya adalah tanda newline (baris baru).

file adalah nama file kemana objek akan dicetak. Defaultnya adalah ke sys.stdout (layar).

flush adalah opsi apakah keluarannya diflush atau tidak.

  print(1, 3, 5, 7) # output: 1 3 5 7 print(1,2,3,4, sep='*') # output: 1*2*3*4 print(1,2,3,4, sep='#', end='&') # output: 1#2#3#4&

Operasi Input Menggunakan Fungsi input()

Agar program kita lebih interaktif, kita bisa meminta input atau masukan dari user. Python memiliki fungsi input() untuk melakukan hal tersebut. Sintaksnya adalah seperti berikut:

input([prompt])

prompt bersifat opsional berfungsi sebagai string yang kita ingin tampilkan di layar. Agar inputannya tidak langsung hilang, maka harus disimpan ke dalam variabel. Perhatikan contoh berikut:

>>> name = input('Masukkan nama: ')
Masukkan nama: Budi
>>> print(name)
Budi

Bila kita menginput bilangan, misalnya integer lewat fungsi input(), maka hasil inputan tersebut adalah string dan bukan integer. Kita harus mengubahnya terlebih dahulu menjadi tipe integer menggunakan fungsi int().

>>> panjang = input('Masukkan nilai panjang: ')
Masukkan nilai panjang: 10
>>> lebar = input('Masukkan nilai lebar: ')
Masukkan nilai lebar: 5
>>> luas = int(panjang) * int(lebar)
>>> print("Luas =", luas)
Luas = 50