Menggunakan IDLE Python

IDLE (Integrated DeveLopment Environment) adalah editor bawaan Python yang bisa digunakan untuk menuliskan kode Python.  IDLE memiliki mode shell (mode interaktif) yang bisa digunakan untuk menjalankan perintah – perintah dengan hasil keluarannya langsung ditampilkan. IDLE sendiri adalah murni dibuat oleh Guido van Rossum dari bahasa Python.

IDLE memiliki beberapa fitur yang berguna, di antaranya:

  • Editor multi-window dengan fitur syntax highlighting ,autocomplete, smart indent, dan lain – lain.
  • Shell interaktif dengan fitur syntax highlighting.
  • Memiliki fitur debugger untuk men-debug kode program.

Anda bisa membaca artikel memulai pemrograman Python untuk cara dasar memulai menggunakan IDLE. Tampilan mode interaktif IDLE adalah seperti berikut ini.

Di shell IDLE Kita bisa mengetikkan perintah, kemudian menekan Enter dan hasilnya langsung keluar. Untuk kembali ke perintah sebelumnya tanpa harus mengetikkan ulang, kita bisa menekan Alt + P.

Untuk mengetikkan kode yang banyak, kita harus menggunakan mode editor. Caranya adalah pada jendela Python 3.4.4 Shell, pilih menu File -> New File. Bisa juga dengan menekan Ctrl + N. Tampilannya jendela kosongnya seperti berikut.

Untuk jelasnya penggunaan IDLE ini, kita akan mempraktekkannya pada sebuah contoh program sederhana. Program yang kita buat adalah program penjumlahan dua buah bilangan.

  • Ketikkan perintah berikut pada editor IDLE.
# Program penjumlahan 2 buah bilangan

bil1 = input('Masukkan bilangan 1: ')
bil2 = input('Masukkan bilangan 2: ')

jumlah = float(bil1) + float(bil2)

print('Jumlah {0} dan {1} adalah {2}'.format(bil1, bil2, jumlah))

Di editor IDLE tampilannya adalah seperti berikut:

 

  • Selanjutnya simpan file dengan memilih menu File -> Save atau dengan menekan Ctrl + S. Simpan di tempat yang Anda kehendaki. Di sini disimpan di C:\Python34 dengan nama program-1.py.

  • Setelah tersimpan, maka nama jendela akan berubah dari Untitled menjadi program-1.py

  • Langkah selanjutnya adalah menjalankan program dengan cara pilih menu Run -> Run Module atau dengan cara menekan F5 pada keyboard.

Pada saat dijalankan, IDLE akan masuk ke mode shell dan akan menampilkan hasilnya.


Salah satu fitur IDLE yang paling berguna adalah fitur autocomplete dengan suggestion (saran) terutama di jendela shell.

Dengan fitur ini, misalnya kita punya objek string. Kita lupa fungsi atau metode – metode yang disediakan oleh string. Dengan menggunakan IDLE, kita akan diberitahu apa saja yang dimiliki oleh objek tersebut. Untuk jelasnya perhatikan gambar berikut:

Selain string, hal yang sama juga berlaku untuk hampir semua objek lainnya seperti list, tuple, set, dictionary, dan kelas.